Selamat Datang Di Blog Ayo Berbagi .. Semoga Bermanfaat.. Jangan lupa masukan dan komentarnya..

Modul Penjaskes Kelas X SMK

Bab V
BUDAYA HIDUP SEHAT
A.   Seks Bebas
Kehidupan modern saat ini menyebabkan banyak sekali budaya asing yang masuk ke Indonesia, sehingga kita perlu memilih dengan cermat setiap pengaruh kebudayaan itu agar terhindar dari dampak negatif yang ditimbulkannnya.
Seks bebas merupakan budaya barat yang tidak sesuai dengan kepribadian bangsa Indonesia. Berganti-ganti pasangan ini dapat menimbulkan berbagai macam penyakit berbahaya. Hindarilah segala bentuk upaya ke arah seks bebas dengan meningkatkan keimanan kepada Tuhan Yang Maha Esa dan gaya hidup sehat.
B.   Budaya Sehat
Masa remaja adalah masa yang paling menyenangkan, namun masa ini adalah masa yang sangat berbahaya karena pada masa ini seseorang sangat mudah sekali terpengaruh hal-hal negatif. Banyak anak remaja yang salah memilih pergaulan dan mencari teman sehingga mudah terjerumus dalam dunia bebas tanpa menghiraukan terhadap dampaknya. Apabila ada remaja melakukan seks bebas tak jarang pula remaja tersebut terkena penyakit menular seksual. Salah satunya adalah penyakit kelamin yang menular melalui hubungan kelamin. Penyakit kelamin terdiri dari sipilis, gonorhoe, trikomoniasis vaginalis, kulit kelamin dan lain-lain.
Dampak lain dari pergalulan bebas adalah tertular penyakit HIV/AIDS (Aquired Immune Deficiency Syndrome). Penyakit ini merupakan kumpulan gejala akibat menurunnya sistem kekebalan tubuh yang terjadi karena seseorang terinfeksi virus HIV. HIV ini sendiri adalah singkatan dari Human Immuno Virus. Orang terinfeksi virus ini tidak dapat mengatasi serbuan infeksi penyakit lain karena sistem kekebalan tubuhnya telah terinfeksi virus HIV.HIV terdapat pada seluruh cairan tubuh manusia tetapi cara penularannya hanya melalui sperma, dan cairan vagina. Dengan demikian cara-cara penularan HIV adalah sebagai berikut :
-          berganti-ganti pasangan seksual atau berhubungan dengan orang yang positif terinfeksi virus HIV.
-          Memakai jarum suntik bekas orang yang terinfeksi HIV
-          Menerima transfusi darah yang terkena virus HIV.
-          Ibu hamil yang terinfeksi akan menularkan ke bayi yang ada dalam kandungannya.
Cara untuk menghindari tertular HIV atau AIDS adalah :
-          tidak berganti-ganti pasangan dan menghindari hubungan seks di luar nikah
-          menggunakan kondom, terutama kelompok risiko seperti pekerja seks komersil
-          sedapat mungkin menghindari transfusi darah yang tidak jelas asalnya
menggunakan alat-alat medis dan non medis yang terjamin steril.
0 Komentar untuk "Modul Penjaskes Kelas X SMK"

Back To Top